Manfaatkan Limbah Sawit Untuk Pakan Ternak PDF Print E-mail
Berita - BeritaUmum
Monday, 08 April 2013 04:21

Manfaatkan Limbah Sawit Untuk Pakan Ternak
Selain sebagai daerah percontohan untuk kegiatan integrasi tanaman kelapa sawit, ternak, pupuk, kompos dan biogas. Desa Pangkalan Tiga Kecamatan Pangkalan Lada melalui Kelompok Tani Subur Makmur juga akan menjadi daerah percontohan dalam pengembangan pakan ternak sapi, ayam maupun ikan.
Ketua Kelompok Tani Subur Makmur Sutiana mengatakan, pengembangan terkendala pakan karena sebagian harus didatangkan dari luar Kobar, termasuk untuk pakan ternak sapi, masyarakat sering direpotkan dengan sulitnya mencari rumput sehingga waktunya habis untuk mengurusi ternak.
“Dengan adanya pakan ternak alternatif yang kami buat dari limbah sawit, menjadi angin segar bagi peternak sapi kini tidak usah lagi sibuk mencari rumput cukup dengan membeli pakan ke kami, kami siap,” ungkpa Sutiana saat dikumjungi di perternakan Desa Pangkalan Tiga, sabtu (6/4)
Pakan ternak dari limbah sawit ini sudah dibuktikan oleh kelompok tani Subur Makmur. Sapi, ayam dan ikan milik mereka cepat gemuk. Ke depan jika ada dukungan dari pemerintah daerah pihaknya siap mengembangkan pakan ternak dari limbah sawit ini. Apalagi bahan bakunya mudah didapat, yakni dari bungkil dan pelepah sawit, Artinya bahan untuk pakan ternak tersebut tidak akan habis dan mudah dicari.
Melihat potensi ini Bupati Kobar sangat terobsesi untuk melakukan pengembangan dan menjadikan desa Pangkalan Tiga sebagai percontohan. Bahkan arahnya  ke depan pakan ternak jenis ini bisa diolah dan dikemas sehingga ketika warga akan membeli bisa diantar langsung ke tempat tujuan.
“Bahkan bisa saja nanti daerah lain mengambil pakan ternak di Kobar,” ungkap Bupati disela-sela kunjungannya.
Kepala Dinas Perkebuanan Kobar Rosehan Pribadi menambahkan dengan model integrasi tanaman sawit-ternak ini, kedepan bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya. Ini akan memberikan paeluang bagi siapa saja untuk bisa beternak. (Sumber Radar Sampit, 08 April 2013)



 

Add comment


Security code
Refresh